Langsung ke konten utama

Paspor Nyaris Hilang Saat Solo Backpacking di Kamboja

Satu hal yang selalu jadi kekhawatiran dia sebelum ngijinin saya jalan-jalan ke luar negeri sendiri adalah sifat ceroboh saya. Dia percaya saya bisa jaga diri dari orang jahat, tapi tidak dalam masalah kecerobohan.

Yap, di antara teman-teman lainnya, saya lah orang paling ceroboh. Kalau saya bilang, ceroboh is my middle name. Bukan bangga, tapi memang itu kenyataannya. Kecerobohan paling parah yang pernah saya lakukan adalah saat solo traveling ke Kamboja.

Jadi gini, pagi itu saya harus terbang dari Phnom Penh ke Kuala Lumpur naik pesawat AA pukul 08.30 waktu Phnom Penh. Sama aja sih kayak waktu di Jakarta.

Nah, kata mas-mas penjaga hostel di Phnom Penh, lebih baik berangkat lebih pagi. Soalnya, jalan raya Phnom Penh macet banget saat weekdays. Rush hour. Banyak pekerja dan anak sekolah yang siap memulai aktivitas nya.

Ya udah, berangkat pagilah saya. Jam 6 tepat, saya sudah di depan meja resepsionis sudah pamitan juga.  Sudah foto selfie pula sama masnya.

Sebelum balik Indonesia, foto bareng dulu sama mas penjaga hostel di One Stop Hostel PhnomPenh 

Di luar, terlihat bapak driver moto dop (ojek) sudah siap nganterin saya ke bandara. Ransel 45 liter diletakan di bagian tengah motor yang berada di antara kepala motor dan jok. Saya pun berpamitan sama mas penjaga hostel dan kursi kayu yang semalam saya duduki. Bye.. bye One Stop Hostel. Bye.. bye.. Phnom Penh.

Di perjalanan, saya merasa nggak nyaman. Si driver moto dop mengendarai motornya dengan seram. Apa aja diterjang. Udah gitu, saya nggak pakai helm lagi! Duh, apakabar dengan kepala saya ini.

Yang saya heran, saya nggak ngelihat pak polisi yang nertibin lalu lintas. Pengendara nakal seperti saya dibiarin lewat gitu aja. Naik motor nggak pakai helm di Phnom Penh sama wajar nya kayak buang sampah sembarangan di Indonesia.

Nggak cuma ngeri, ada perasaan mengganjal yang menyelimuti perjalanan pulang balik ke bandara. Padahal saya yakin banget udah moved on, tapi kok masih gelisah gini ya. There must be something wrong with me. 

Lalu, saya minta si bapak ini berhenti di pinggir jalan bentar. Ngecek semua barang, jangan-jangan ada yang ketinggalan.
"Sir.. sir.. stop please" 
Si bapak moto dop nggak berhenti juga. Lalu, saya tabok punggungnya beberapa kali dan mengulangi permintaan saya lagi.
"stop.. stop.. please" 
Baru deh si bapak mengentikan motor bebeknya di pinggir kanan jalan. Yap, di Phnom Penh, semua kendaraan berjalan di sebelah kanan. Nggak kayak di Indonesia ya.

Buru-buru saya turun dari motor. Saya ngecek ransel dan isi sling bag saya. Baru kali ini saya buka isi tas kayak lagi mau yudisium. Deg.. deg.. degan banget.

Saya cek satu per satu setiap barang yang ada di dalam tas. Ponsel masih ada, kamera aman, buku catatan pun aman, charger masih tersimpan rapi. Omegaatttt... seketika itu juga badan saya gemetaran.

Paspor dan duit cash ketinggalan di hostel! Padahal udah jam 06.30. Dan jarak dari kota ke bandara masih cukup jauh. Kurang lebih satu jam kalau nggak macet. Panic attack! Damn! 

" sir.. sir.. i left my passport at the hostel. Can we go back to the hostel?" 

Si bapak ojek ini malah senyum-senyum gitu. Duh, pak.. passport saya ketinggalan. Please.. ngertiin saya dong pak.

Sekali lagi saya bilang sama si bapak, buat balik ke hostel sambil gunakan gesture biar si bapak ini paham. Meski cukup lama jelasinnya, untung dia ngerti maksud saya. Tapi sebelum si bapak ini tancap gas ke hostel, dia minta tambahan uang transportnya. Iya deh pak,. iya .. tapi buruaan, please.

Si bapak yang udah cukup berumur ini ngegeber motor bebeknya dengan kenceng. Driver moto dop di Phnom Penh ini rock and roll banget dah.

Kalau biasanya kita nungguin jalanan agak sepi baru bisa nyeberang jalan, nah si bapak ini nggak pakai nunggu. Perlahan tapi pasti dia terabas ramainya lalu lalang kendaraan. Meski terkesan nekat, tapi si bapak ini punya jurus jitu. Senjata andalannya adalah membunyikan klaskson motor berkali-kali tanpa henti.

Berisik banget. Saya yang duduk di belakang merasa ngeri takut ketabrak motor dan juga ngeri kalau nggak bisa ngejar pesawat balik ke Kuala Lumpur. Saya berdoa sepanjang jalan. Semoga passport saya nggak ilang.

Pukul 7.05 menit saya tiba juga di hostel. Dengan tergesa-gesa dan gemeteran, saya jelasin ke mas penjaga hostel kalau paspor saya ketinggalan.
"Can I check the room?"
"yes, sure. Go.. go" kata si abang sambil ngasih semangat
Buru-buru saya ke lantai 3 ke kamar tempat saya semalam menginap. Karena penghuni kamar sedang tertidur pulas, saya memasuki ruangan dengan mengendap-endap. Tanpa suara. Agak nggak enak juga sepagi ini kusak-kusuk nyari barang di kamar.

Mulai mencari passpor di bawah bantal. Namun, nggak keliatan juga buku kecil bersampul ijo itu. Lalu, coba menggeledah di dalam almari kayu berwarna coklat di pojok kamar. Dag dig dug... Bismillahirohmanirohim ...

Alhamdulillah.. ketemu juga, Ternyata duit dan paspor masih tersimpan di lemari.

Syukur dah, Tuhan masih sayang saya. Duit di dalam amplop masih terbungkus rapi tanpa kurang satu dollar pun. Paspor pun masih aman ternyata. Akhirnya, lega juga.. Tapi, perjalanan masih belum usai nak. Masih harus ngejar pesawat buat sampai di bandara tepat waktu. Sedangkan jam di tangan sudah menunjukkan pukul 7.15 menit.

***

Well, pelajaran buat Kamu yang lagi jalan-jalan ke luar negeri. Passport itu ibarat nyawa. Penting banget. Jadi, selalu hati-hati dalam menyimpannya. Sebelum meninggalkan hostel, sebaiknya sediakan 5 menit untuk mengecek semua barang bawaan. 

Oiya, waktu itu saya tiba di bandara pukul 08.15. Total saya ngasih 7 dollar ke bapak moto dop. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mereka Kira Saya Orang Kamboja

"Khap au khun sap lap" Kamu tahu nggak apa artinya? Sama, saya juga nggak ngerti. Entah apa yang diucapkan si abang penjaga pos pemeriksaan tiket Angkor Wat ini. Saya cuma nyengir nggak jelas karena bingung mau respon gimana. Beruntung supir moto dop yang mengantarkan saya waktu itu bisa berbahasa inggris. Dia bantu menerjemahkannya dalam bahasa inggris. Ternyata, si abang penjaga tiket tadi berkata, "orang Kamboja kah??" Hahhahaha.. saya terkekeh lalu berkata "I am from Indonesia" Begini muka saya, katanya sih mirip orang Khmer. Eh,, ini foto diambil pas belum mandi jadi dekil gini.  Kata Kong, driver moto dop yang saya tumpangi, muka saya ini mirip banget sama cewek-cewek Kamboja. Bahkan menurutnya, pas pertama kali bertemu, saya dikira warga lokal yang mau liburan ke Angkor Wat. Sepanjang perjalanan dari pos pemeriksaan tiket menuju Angkor Wat, kami berdua banyak ngobrol tentang wajah saya yang mirip orang lokal hingga alasan kenapa

Hati-hati, Jangan Ketiduran Saat Naik Bus Dari Hatyai ke Kuala Lumpur

Kalau yang ini, bus yang saya naiki dari Phuket ke Hatyai. Foto berasal dari sini Kejadian ini memang sudah berlalu lama, tapi belum sempet nulis. Jadi nggak papa lah ya kalo saya tulis sekarang. Ceritannya nih, pengalaman ini saya alami saat jalan-jalan ke Malaysia, Singapura, dan Thailand. Baru pertama kali ke luar negeri, jadi pantas aja kalau keliatan norak , nggak “mudengan” , kagetan , dan gumunan . Termasuk bingung dengan sistem keluar masuk negara menggunakan bus internasional. Kalau kita naik pesawat kan gampang tuh, tinggal menuju bagian migrasi, lalu antri stempel. Udah ada alur yang jelas deh pokoknya. Nah, berhubung kali ini saya naik bus antar negara, saya bingung banget gimana sistem keluar masuk negara orang. Permasalahan pertama, sopir bus nggak ngasih tahu dengan jelas kalau kita akan masuk ke pos imigrasi. Dengan gayanya yang ala-ala mafia Hongkong, doi bilang gini nih  “you go down, I’ll wait you front”. Buseeett …. Doi ngomong pak

Begini Rasanya Bermalam di KLIA 2, Kuala Lumpur Malaysia

Nasi Lemak, ransel, jaket, coca cola, dan saya di food court KLIA2. Foto oleh ECHI  "Bisa ngelepasin sabuk pengamannya nggak? Sini saya bantu", kata mas-mas paruh baya yang duduk di sebelah saya  OMOOO.. OMOOO ...OMOOO... Jinjjaaa yooooooo .... *saya nggak ngerti kata ini artinya apaan* OhMaiGwad! Ya Tuhan.. malu bangettt saya. Kelakuan norak ini muncul lagi. Seketika itu juga muka saya memerah menahan malu. Njir, udah beberapa kali naik pesawat masih kesusahan ngelepas sabuk pengaman?  Padahal sudah sangat berhati-hati buat nggak ngelakuin hal yang malu-maluin, bersikap kalem, dan nggak panik, tapi tetep aja yee ada hal yang bikin malu mulu. Mungkin, ini efek solo backpacking buat pertama kali. Jadi, tabiat norak saya muncul secara otomatis. Gomawooo oppaaa.  Yes, ini adalah penerbangan perdana saya seorang diri. Pesawat AirAsia dengan nomor penerbangan  AK 387 mendarat dengan cantik pukul 11.30 malam waktu Kuala Lumpur. Tapi, tidak dengan saya. Keja