Langsung ke konten utama

Hati-hati, Jangan Ketiduran Saat Naik Bus Dari Hatyai ke Kuala Lumpur

Kalau yang ini, bus yang saya naiki dari Phuket ke Hatyai. Foto berasal dari sini

Kejadian ini memang sudah berlalu lama, tapi belum sempet nulis. Jadi nggak papa lah ya kalo saya tulis sekarang.

Ceritannya nih, pengalaman ini saya alami saat jalan-jalan ke Malaysia, Singapura, dan Thailand. Baru pertama kali ke luar negeri, jadi pantas aja kalau keliatan norak, nggak “mudengan”, kagetan, dan gumunan.

Termasuk bingung dengan sistem keluar masuk negara menggunakan bus internasional. Kalau kita naik pesawat kan gampang tuh, tinggal menuju bagian migrasi, lalu antri stempel. Udah ada alur yang jelas deh pokoknya. Nah, berhubung kali ini saya naik bus antar negara, saya bingung banget gimana sistem keluar masuk negara orang.

Permasalahan pertama, sopir bus nggak ngasih tahu dengan jelas kalau kita akan masuk ke pos imigrasi. Dengan gayanya yang ala-ala mafia Hongkong, doi bilang gini nih 

“you go down, I’ll wait you front”.

Buseeett…. Doi ngomong pakai bahasa Inggris logat Thailand. Jujur, saya nggak ngerti dia ngomong apaan. 



Wait, kita flash back beberapa menit sebelum si mafia hongkong alias kernet bus ngasih info yes. Jadi, sebelum bus berhenti dan kita diminta turun, saya sedang tertidur pulas. Nggak tahu deh ngiler apa enggak, tapi bantal leher saya agak basah-basah gimana gitu. HEhehe

Nah, kan saya tidur tuh, jadi nggak sempet tanya-tanya atau lihat rambu-rambu kalau mau masuk daerah perbatasan. Tau-tau, suara kenceng si mafia hongkong tadi ngebangunin saya dan penumpang lain sudah pada berdiri bersiap turun.

Oke, balik lagi ya. Intinya, saya kaget dan nggak ngerti harus bagaimana. Untung saya agak pinter, ya udah ngikutin orang-orang aja deh. Ternyata mereka pada keluar pegang passport, akhirnya saya ambil sling bag yang berisi paspor, dompet, hp, dan kamera.

Kan turun tuh ikut antrian, Eh, kebiasaan ngantri beli bensin di pom bensin Indonesia kebawa pas ngantri cek paspor di pos imigrasi Thailand. Karena pengin cepet, akhirnya milih antrian yang paling sedikit. Disitulah awal petaka dimulai! DUAAARRRRRR! *Lebeeey amat.. iya ini lebey.. biar drama gitu* 

Mata ini langsung tertuju pada papan bertuliskan “kereta penumpang”. Wih, bahasa melayu nih. Pahamlah. Paling nggak beda jauh sama bahasa Indonesia. Sifat kesotoy-an saya pun muncul. 

Analogi saya gini, kereta mungkin diartikan dengan bus atau mobil besar, lalu penumpang artinya ya penumpang. Sudah berada dalam antrian yang bener nih. Saya lihat tuh rombongan bus yang saya tumpangi masih ngantri panjang. 

Dalam hati berkata “sini dong, barisan saya kelar duluan”.

Pas giliran saya, si petugas imigrasi bilang “this line is only for private car, bus passenger, please line up over there”. 

Buseeeetttttt ….. salah antrian! *Biasa aja kaleee chi, nggak usah lebey gitu* 

Yah, udah ngantri lama-lama, salah lagi. Rasanya itu kaya lagi ngantri jodoh, eh pas giliran kita Tuhan berkata

 "jodohmu masih dipinjam orang".. T_T kan syedih 

Yaudahlah ya, anak sholehah nggak boleh nangis. Nanti nggak ketemu jodohnya lho, kan syerem.. hhiiii… Antri lagi dari belakang. Saya lihat teman-teman satu bus sudah selesai pengecekan. Tinggal saya dan dua orang teman. Huh,

Udah beres tuh ngasih stempel imigrasi. Kita celingukan nyari bus. Kok nggak ada ya? Temen-temen yang lain juga ilang. Mereka pada kemana? Ah, paling di depan. Mumpung ada manisan mangga yang menggoda, beli jajan dulu lah. *Dasar ye, nggak bisa nahan liat makanan enak*

Tertinggal dari rombongan bus, bukannya panic malah santai-santai beli jajan. “buk, mangga satu buk.” Hahhahak... abisnya lapar banget. Tapi, mangganya enak lho. Seriusan deh. Mirip manisan mangga di Indonesia gitu. Tapi lebih krezz dan agak manis-manis asem gitu. Satu bungkus dijual seharga 10 baht. 

Setelah kenyang jajan, baru deh nyari rombongan bus saya. Clingukan nyariin mereka tapi nggak ada satupun yang saya kenal. Mendadak muka mereka mirip upin ipin semua. Padahal tadi sih ada yang mirip avatar eng. *apaan sih, toyor nih* 

Saat itulah saya dan kedua teman benar-benar panic. Kita ditinggal bus! Aduuh… gimana ini, keril kesayangan saya, kaos unyu pembelian emak, semua ada di dalam bus.

Herannya, saat genting kek gitu tuh, saya malah panik dan sedih karena kehilangan tas. Nggak kepikiran gimana caranya bisa sampe Kuala Lumpur. Iya gitu sih, kadang emang gini, mengkhawatirkan hal kecil, masalah gede dicuekin.

Untung nih, saya masih menyimpan tiket bus. Ada tuh nomor telepon agennya. Saya telpon lah si agen (masih punya pulsa sim card Thailand). Tutt … tutttt… nggak ada yang angkat! Tambah parno. Saat begini saya mulai kepikiran gimana caranya nyari duit buat beli keril baru. *MASIH MIKIRIN KERIL!!! Astagfirullah .. tobatlah nak*

Pasrah deh.. pasrah.. telpon pun nggak bisa. Nggak nyerah dong, saya cari akal gimana caranya bisa ke Kuala Lumpur. Coba hitching ah biar keren  dapat tumpangan.

Ada mas-mas berwajah melayu lagi naik mobil mirip avanza. Saya minta izin buat nebeng tuh ke dia. Eh dianya ketakutan. Bilang maaf, trus langsung kabur. Emangnya muka saya mirip teroris yang lagi mangkal di taman lawang?

Ah, yasudahlah.. Terus jalan aja lah, sampai berharap ada dewa penolong. Dan saya masih kepikiran keril onyen di dalam bus. Huffttt… masak iya sih harus ilang.

Ternyata, Tuhan masih baek sama saya. Sekitar 200 meter dari pos imigrasi Thailand, terlihat Sosok tentara penjaga perbatasan berdiri tegap sambil mengangkat senjata. Alhamdulillah, nasib saya terselematkan. Bisa mintak tolong pak tentara nih.

Langsung samperin tuh pak tentara. Saya curhat,

“ sir .. sir.. saya ketinggalan bus. Gimana dong?”

Doi malah jawab gini, antri sana di barisan. Ya saya betek dong, ini kenapa tentara sialan banget sih. Cowok mah gitu, nggak mau dengerin apa yang cewek mau. Hih, kan ngeselin. Eh, tau-tau mata saya tertuju pada bus onyen yang terparkir di depan pos perbatasan.

Nggak jadi marah dah saya. Ternyata nih, jarak pos imigrasi Thailand dan Malaysia deket banget. Sekitar 200 meter deh.*CMIIW. 

Setelah selesai pemeriksaan di pos imigrasi Malaysia, saya langsung menuju bus. Dua teman saya masih di toilet. Baru juga sampai di depan pintu bus, si bapak kernet bus yang mukanya mirip mafia hongkong tadi menghampiri. Tanpa basa-basi nanya gini 

“ do you belong this bus?” Kata saya “yes”

“where  are you from? We all are waiting only for you. Why r you so long. Take your bag, bring it here”

Omegaaaatttt …. Saya merasa bersalah banget. Si bapak kernet nih nganter saya ambil tas sambil marah-marah. Ampun deh pak, jangan marahin dong. Saya serem liat tato bapak.
Sepanjang jalan menuju pos, saya berantem sama si bapak. Bukan berantem sih, dia marah-marah lalu saya bela diri. Ngeles aja…

si bapak: "kenapa kamu lama?"Me: maap-maap pak.. tadi ngantri lama. Salah antrian" si bapak: "halah ngeles aja kamu. Buktinya yang lain bisa dateng tepat waktu"

*fix, dalam kasus ini cewek bisa salah. Cowok yang benar. Jadi kalo ada yang bilang cewek selalu benar, it depends! Tergantung sapa cowoknya"

Pas ngambil barang, saya yang berbadan kurus kering ceking ini harus membawa keril saya 45 liter, teman 55 liter, dan teman satu lagi 30 liter! Si bapak mafia cuma marah-marah aja sepanjang jalan menuju bus. Ada lagi tuh mas-mas melayu yang berdiri di belakang saya, dia cuma senyam-senyum kayak ngasih kode ke temen sebelahnya, 

"kasihan tuh cewek, bantuin gih" 

Yailah.. kenapa nggak mas nya aja yang bantuin... 

Saya berjalan sempoyongan dengan 3 keril. Saat udah di dalam bus, semua mata penumpang tertuju pada saya. Seorang laki-laki asal Medan yang duduk di seberang bangku saya berkata, 

"kita sedari tadi cuma nungguin kalian lho.." 

***

Nih, intinya ya.. kalau kamu lagi traveling ke luar negeri pertama kali, nggak usah sok tahu kayak saya. Ikutin aja penumpang lainnya. Kalau bingung, tanya dulu. Hehehehee... 

Tips:
- Kalau naik bus internasional antar negara, sebaiknya sebaiknya jangan tidur pules. Lebih baik tidur-tidur ayam gitu. Biar tahu apa yang terjadi.
- Tanyakan kepada teman sebangku atau pak sopir langsung bila nggak paham. Jangan sok tau seperti saya, ntar ujung-ujungnya sengsara
- Kalau sedang mengalami masalah saat traveling, jangan panik. Santai dulu, tapi juga jangan terlalu santai.
- Kamu yang berencana traveling lintas negara jalur darat, baiknya cari informasi seputar pos imigrasi negara 

Tahun 2015, harga tiket bus Phuket - Hatyai = 250 baht 
Hatyai - KL = 55 RM (500 Baht) 
Tiket bus dibeli go show.. Oiya perlu dicatat, bus terakhir ke Kuala Lumpur dari Hatyai pukul 20.30.





Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mereka Kira Saya Orang Kamboja

"Khap au khun sap lap" Kamu tahu nggak apa artinya? Sama, saya juga nggak ngerti. Entah apa yang diucapkan si abang penjaga pos pemeriksaan tiket Angkor Wat ini. Saya cuma nyengir nggak jelas karena bingung mau respon gimana. Beruntung supir moto dop yang mengantarkan saya waktu itu bisa berbahasa inggris. Dia bantu menerjemahkannya dalam bahasa inggris. Ternyata, si abang penjaga tiket tadi berkata, "orang Kamboja kah??" Hahhahaha.. saya terkekeh lalu berkata "I am from Indonesia" Begini muka saya, katanya sih mirip orang Khmer. Eh,, ini foto diambil pas belum mandi jadi dekil gini.  Kata Kong, driver moto dop yang saya tumpangi, muka saya ini mirip banget sama cewek-cewek Kamboja. Bahkan menurutnya, pas pertama kali bertemu, saya dikira warga lokal yang mau liburan ke Angkor Wat. Sepanjang perjalanan dari pos pemeriksaan tiket menuju Angkor Wat, kami berdua banyak ngobrol tentang wajah saya yang mirip orang lokal hingga alasan kenapa

Begini Rasanya Bermalam di KLIA 2, Kuala Lumpur Malaysia

Nasi Lemak, ransel, jaket, coca cola, dan saya di food court KLIA2. Foto oleh ECHI  "Bisa ngelepasin sabuk pengamannya nggak? Sini saya bantu", kata mas-mas paruh baya yang duduk di sebelah saya  OMOOO.. OMOOO ...OMOOO... Jinjjaaa yooooooo .... *saya nggak ngerti kata ini artinya apaan* OhMaiGwad! Ya Tuhan.. malu bangettt saya. Kelakuan norak ini muncul lagi. Seketika itu juga muka saya memerah menahan malu. Njir, udah beberapa kali naik pesawat masih kesusahan ngelepas sabuk pengaman?  Padahal sudah sangat berhati-hati buat nggak ngelakuin hal yang malu-maluin, bersikap kalem, dan nggak panik, tapi tetep aja yee ada hal yang bikin malu mulu. Mungkin, ini efek solo backpacking buat pertama kali. Jadi, tabiat norak saya muncul secara otomatis. Gomawooo oppaaa.  Yes, ini adalah penerbangan perdana saya seorang diri. Pesawat AirAsia dengan nomor penerbangan  AK 387 mendarat dengan cantik pukul 11.30 malam waktu Kuala Lumpur. Tapi, tidak dengan saya. Keja