Langsung ke konten utama

Begini Rasanya Bermalam di KLIA 2, Kuala Lumpur Malaysia


Nasi Lemak, ransel, jaket, coca cola, dan saya di food court KLIA2. Foto oleh ECHI


 "Bisa ngelepasin sabuk pengamannya nggak? Sini saya bantu", kata mas-mas paruh baya yang duduk di sebelah saya 

OMOOO.. OMOOO ...OMOOO... Jinjjaaa yooooooo .... *saya nggak ngerti kata ini artinya apaan*


OhMaiGwad! Ya Tuhan.. malu bangettt saya. Kelakuan norak ini muncul lagi. Seketika itu juga muka saya memerah menahan malu. Njir, udah beberapa kali naik pesawat masih kesusahan ngelepas sabuk pengaman? 

Padahal sudah sangat berhati-hati buat nggak ngelakuin hal yang malu-maluin, bersikap kalem, dan nggak panik, tapi tetep aja yee ada hal yang bikin malu mulu. Mungkin, ini efek solo backpacking buat pertama kali. Jadi, tabiat norak saya muncul secara otomatis. Gomawooo oppaaa. 

Yes, ini adalah penerbangan perdana saya seorang diri. Pesawat AirAsia dengan nomor penerbangan AK 387 mendarat dengan cantik pukul 11.30 malam waktu Kuala Lumpur. Tapi, tidak dengan saya. Kejadian memalukan nggak bisa membuka sabuk pengaman sedikit merusak pengalaman pertama solo backpacking. Maluuu mak..  


Ah sudahlah, saya tetap berusaha cool sambil melangkah mantap menuju bandara KLIA2. Menurut web resmi KLIA2, kamu cukup jalan lurus terus sambil cari tulisan balai ketibaan. Capek, lusuh, ngantuk, tapi tetap melangkah dengan semangat karena akhirnya bisa jalan sendirian untuk pertama kalinya. 

Sudah larut malem ternyata, bandara KLIA2 terlihat lengang. Counter-counter sudah pada tutup. Penumpang yang sedang transit terlihat tertidur pulas. Namun, masih ada beberapa di antara mereka yang mondar-mandir cari lapak tidur seperti saya. 

Ternyata, jalan kaki dari pintu pesawat menuju balai ketibaan KLIA2 jauh juga. Kita harus berjalan kurang lebih selama 30 menit! Belum lagi beban ransel 45 liter yang cukup bikin punggung pegel-pegel. 

Adek lelah bang .... 

Hal pertama yang saya lakukan setibanya di balai ketibaan adalah mencari lapak tidur dan makan. Menurut review yang saya baca, food court di M3 KLIA2 jadi tempat paling favorit buat menyandarkan tubuh. Katanya sih, sofa di Burger King yang jadi idola. Empuk, itu yang jadi alasannya.

Tapi bagi saya, sofa panjang milik Burger King kurang lebar buat ditiduri. Bukan karena tubuh saya yang besar, tapi bisa repot kalau tiba-tiba saya salto atau bahkan tidur sambil kayang. Lebih baik tidur di atas karpet di bawah bangku tunggu yang ada di M2. Anget dan bisa bebas bergerak sepanjang malam. Hahahahaak..

Nah, karena lapar dan belum makan nasi seharian. Saya memutuskan mencari sesuap nasi dan segelas cola. Mau cari sebongkah berlian, mahal. *KRIKK.. KRIIKK..KRIIKKK* Sorry, garing is my middle name. 

Okay, satu porsi Nasi Lemak di resto milik mamak India jadi pilihan. Harganya 16 RM atau sekitar 38 ribu rupiah. Menurut saya ini mahal. Iya sih, dapet nasi, sayur, paha ayam, dan telor rebus satu butir. Tapi, nggak enaaakkk.. huhuhu.. enakan juga Nasi Padang Rajo Bungsu deket kost saya. Tapi mau gimana lagi, hidup di perantauan jauh dari makanan enak dan murah, bisa apa coba selain menerima apa adanya?  

Sudah kenyang, saya bergegas cari toilet buat bersih-bersih muka dan lainnya. Di sebelah mini market KK, ada shower room yang bisa dipake buat mandi. Tapi, hmmm.. saya malas mandi. Akhirnya ya udah Cuma ritual basahin muka dan bagian lainnya. Hehhehe..

Sempet kepikiran bermalam di restoran nasi lemak punya mamak-mamak itu. Karena sofanya yang empuk dan lebar. Tapi, sudah jam 2 dini hari dan mereka masih belum juga tutup. Lalu, muka serem mereka bikin takut.

Ya sudah, saya turun satu lantai menuju ruang tunggu. Di sana sudah banyak banget orang yang tidur. Awalnya agak kaku sih buat tiduran di atas karpet gitu. Karena banyak orang yang melakukan hal yang sama dan keliatan enjoy, bodo amat lah, saya pun tidur beralaskan karpet berselimut scarf.  

Asli, masih merasa was-was. Nggak nyaman. Mungkin karena ini pertama kalinya dan sendirian pula, jadi masih ada takut kalau ada orang jahat ambil barang saya. Sepanjang malam, saya tidur dengan memeluk ransel. Nggak ada kamu eh ransel pun jadi. Hehehehe

AC di KLIA2 lumayan dingin. Jadi, kalau Kamu mau bermalem di sana, ada baiknya bawa selimut atau semacam scarf yang tebel. Jaket doang kurang anget. Enaknya bermalam di KLIA2 itu, ada wifi gratis dan lumayan kenceng. Lumayan masih bisa update "lagi di KLIA2 nih" *Noraaaaaak*

Kalau diitung-itung, sepertinya saya cuma tidur selama 2 jam doang. Karena pagi-pagi banget, sekitar pukul ½ 5 subuh, saya beres-beres buat persiapan check in penerbangan selanjutnya ke Phnom Penh. Oiya, saya juga mampir sholat di mushola. Tapi, begonya, nggak memperhitungkan jam sholat subuh di Malaysia yang beda dengan Indonesia. Padahal, sholat Subuh di Malaysia itu kan jam 6. Duhh… 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mereka Kira Saya Orang Kamboja

"Khap au khun sap lap" Kamu tahu nggak apa artinya? Sama, saya juga nggak ngerti. Entah apa yang diucapkan si abang penjaga pos pemeriksaan tiket Angkor Wat ini. Saya cuma nyengir nggak jelas karena bingung mau respon gimana. Beruntung supir moto dop yang mengantarkan saya waktu itu bisa berbahasa inggris. Dia bantu menerjemahkannya dalam bahasa inggris. Ternyata, si abang penjaga tiket tadi berkata, "orang Kamboja kah??" Hahhahaha.. saya terkekeh lalu berkata "I am from Indonesia" Begini muka saya, katanya sih mirip orang Khmer. Eh,, ini foto diambil pas belum mandi jadi dekil gini.  Kata Kong, driver moto dop yang saya tumpangi, muka saya ini mirip banget sama cewek-cewek Kamboja. Bahkan menurutnya, pas pertama kali bertemu, saya dikira warga lokal yang mau liburan ke Angkor Wat. Sepanjang perjalanan dari pos pemeriksaan tiket menuju Angkor Wat, kami berdua banyak ngobrol tentang wajah saya yang mirip orang lokal hingga alasan kenapa

Hati-hati, Jangan Ketiduran Saat Naik Bus Dari Hatyai ke Kuala Lumpur

Kalau yang ini, bus yang saya naiki dari Phuket ke Hatyai. Foto berasal dari sini Kejadian ini memang sudah berlalu lama, tapi belum sempet nulis. Jadi nggak papa lah ya kalo saya tulis sekarang. Ceritannya nih, pengalaman ini saya alami saat jalan-jalan ke Malaysia, Singapura, dan Thailand. Baru pertama kali ke luar negeri, jadi pantas aja kalau keliatan norak , nggak “mudengan” , kagetan , dan gumunan . Termasuk bingung dengan sistem keluar masuk negara menggunakan bus internasional. Kalau kita naik pesawat kan gampang tuh, tinggal menuju bagian migrasi, lalu antri stempel. Udah ada alur yang jelas deh pokoknya. Nah, berhubung kali ini saya naik bus antar negara, saya bingung banget gimana sistem keluar masuk negara orang. Permasalahan pertama, sopir bus nggak ngasih tahu dengan jelas kalau kita akan masuk ke pos imigrasi. Dengan gayanya yang ala-ala mafia Hongkong, doi bilang gini nih  “you go down, I’ll wait you front”. Buseeett …. Doi ngomong pak