Langsung ke konten utama

Pengalaman Menginap di One Stop Hostel Siem Reap Kamboja


Papan paket perjalanan di One Stop Hostel. Foto dokumentasi pribadi


Pertengahan November 2016 lalu, untuk pertama kalinya saya SOLO BACKPACKING!!! *Harus banget nih di CAPSLOCK?* Hahhahahak.. nggak juga sih, tapi seneng aja, akhirnya bisa jalan-jalan sendiriaann .. Horeee ... satu bucket list tercentang.

Backpacking sendirian ke Kamboja itu butuh persiapan mental dan finansial yang kuat. Kalau baca komen-komen anak grup backpacker internasional di facebook sih, Kamboja cukup "Rock n Roll". Heh? Rock n Roll mungkin artinya agak serem kali yee.. banyak scam di mana-mana gitu. 

Dasar saya orangnya terlalu parno, takut berlebihan, ya udah semua hal harus dipersiapkan sebaik mungkin supaya travelingnya aman. Termasuk memilih pasangan penginapan. Cari penginapan yang aman, fasilitas nyaman, bersih, dan MURAHHHH ... hehhehehe.. tetep yeee.. maunya banyak. *Maruk*

Hasil ngubek-ngubek AGODA, BOOKING.COM, dan HOSTEL WORLD, akhirnya ONE STOP HOSTEL jadi pilihan nginep selama di Phnom Penh dan Siem Reap. Dan saya PUAS banget nginep di sana, Kenapa?  

1. Kamarnya minimalis, bersih, dan kasurnya empuk 

Bunk bed, di pojok atas ada colokannya. Foto hasil nyomot di Trip Advisor soalnya lupa motret hehhehe

Nah, pas saya di sana, rating 8 yang diberikan aplikasi booking online nggak boong. Kamarnya bersih dan kasurnya empuk. AC nya juga pas banget.. udara di Siem Reap itu sama panasnya kayak di Semarang. Jadi, AC kamar sangat ngebantu banget. 

Namanya hostel, satu kamar diisi banyak orang. Waktu itu, saya dapat kamar yang berisi 6 orang. Ada loker plus gemboknya juga. Aman banget.

Sehari sebelumnya, saya nginep di hostel yang berbeda, tepatnya di Kochike Dormitory Hostel. Lebih murah 20 ribu rupiah, tapi saya harus beli gembok sendiri buat ngunci loker.

2. Kamar mandi bersih banget bikin betah mandi lama-lama

Kamar mandinya bersih kan.. Foto dari priceline.com

Yang saya suka dari hostel ini nih, kamar mandi sangat bersih, nggak bau, nggak jorok, pokoknya nyaman banget buat mandi lama-lama. Yang biasanya jarang dan males mandi, jadi suka berlama-lama mandi di sana. Gerah dikit mandi, bau dikit mandi. Mumpung ada fasilitas air angetnya hehhehe maklum lah ya anak kost-kostan nggak pernah negrasain mandi aer anget.


3. Fasilitasnya juga lengkap

Ruang santai di One Stop Hostel Phnom Penh - dokumentasi pribadi


One Stop Hostel ini punya semacam cafe gitu. Kalau Kamu mau makan tinggal pesan saja. Tapi, selama menginap di sana, saya lebih suka jajan di luar sih. Jadi, nggak bisa ngasih review gimana rasa makananya. Kalau ngelihat sekilas sih, harga makanannya nggak begitu mahal jika dibandingkan rumah makan yang ada di luar sana. Contoh nih, air mineral 600 ml dijual dengan harga 1 dollar. Menu makan malam satu porsi sekitar 2-3 dollar. 

Selain cafe, hostel ini nyediain jasa laundri. Kamu cuma perlu bayar 2 dollar buat nyuci baju sekilo. Sehari langsung jadi lho. Lumayan lah, jadi nggak perlu bawa banyak baju ganti. Tapi, di hostel yang saya tinggali sebelumnya hanya ngasih harga 1 dollar per kilo. Hehhehe..

Kalau Kamu butuh tuk-tuk buat tur keliling Angkor Wat, hostel ini juga nyediain paket perjalanan gitu. Satu rombongan yang terdiri 4 orang dibanderol dengan harga 24 USD. Masing-masing bayar 6 dollar lah. Lebih murah daripada Kamu sewa private tuk-tuk seharga 20 USD.

Nah, kalau Kamu butuh tiket bus balik ke Phnom Penh atau ke Ho chi Minh, hostel ini nyediain juga kok. Tinggal pesen sama resepsionisnya. Harga tikte ke Phnom Penh sebesar 12 USD.

4. Lokasi sangat strategis bangettt!! 


Kelebihan lain dari hostel ini adalah lokasi. Kamu cukup jalan 5 menit menuju Pub Street, Night Market, dan Old Market. Trus, di sebelah hostel ada beberapa mini market gitu. Kalau mau cari sewaan motor atau pun sepeda juga tinggal jalan kaki. Hanya terpaut satu blok dari hostel.
Harga sewa motor per hari 10 USD, trus sewa sepeda 4 USD. Menurut saya nih, harga sewa sepedanya agak mahal. Saya sewa sepeda di Kochike Dormitory Hostel cuma 2 USD. Malahan nih, ada persewaan di sekitar Kochike Dormitory Hostel yang ngasih tarif 1 USD per hari! OMOOOOO... murah banget kan? 

Oiya, nggak jauh dari hostel juga ada agen bus yang siap nganterin Kamu ke Phnom Penh atau pun Ho Chi Minh City. Dua-tiga blok ke arah sungai Siem Reap dari hostel. Waktu itu, saya beli tiket Siem Reap - Phnom Penh seharga 10 USD. 

5. Harganya ramah kantong 

Berapa? Saya bayar 7 USD (1 USD = 13.400) per malam plus deposit 2 USD. Setelah check out, uang deposit nya bakal dikembaliin kok. 

6. Penjaganya ramah bangett 

Saya dan mas-mas penjaga One Stop Hostel Phnom Penh

Gini, saya kan nginep di One Stop Hostel Phnom Penh dan Siem Reap. Overall, masalah kualitas, fasilitas, dan kenyamanan memang sama OK. Tapi, IMHO ya, petugas One Stop Hostel Phnom Penh lebih ramah 2 x lipat dari OSH Siem Reap. 

NGGAK ENAKNYA NGINEP di ONE STOP HOSTEL 

Hmmm..sayangnya sih ada minusnya. Waktu nginep di One Stop Hostel Siem Reap, peralatan mandi seperti sabun, pasta gigi, krim pagi, krim malam, dll hilang. Tapi ini murni kesalahan saya, karena waktu itu saya naroh tas peralatan mandi di kamar mandi. 

Balik dari Angkor Wat, eh udah nggak ada. Trus kan saya tanya sama resepsionisnya, katanya nggak nemu. Eh, pas saya minta ganti rugi, mereka coba cari lagi. Akhirnya ketemu sih, tapi yang balik cuma sabun mandi dan krim pagi doang huhuhuhuhuuu

***




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mereka Kira Saya Orang Kamboja

"Khap au khun sap lap" Kamu tahu nggak apa artinya? Sama, saya juga nggak ngerti. Entah apa yang diucapkan si abang penjaga pos pemeriksaan tiket Angkor Wat ini. Saya cuma nyengir nggak jelas karena bingung mau respon gimana. Beruntung supir moto dop yang mengantarkan saya waktu itu bisa berbahasa inggris. Dia bantu menerjemahkannya dalam bahasa inggris. Ternyata, si abang penjaga tiket tadi berkata, "orang Kamboja kah??" Hahhahaha.. saya terkekeh lalu berkata "I am from Indonesia" Begini muka saya, katanya sih mirip orang Khmer. Eh,, ini foto diambil pas belum mandi jadi dekil gini.  Kata Kong, driver moto dop yang saya tumpangi, muka saya ini mirip banget sama cewek-cewek Kamboja. Bahkan menurutnya, pas pertama kali bertemu, saya dikira warga lokal yang mau liburan ke Angkor Wat. Sepanjang perjalanan dari pos pemeriksaan tiket menuju Angkor Wat, kami berdua banyak ngobrol tentang wajah saya yang mirip orang lokal hingga alasan kenapa

Hati-hati, Jangan Ketiduran Saat Naik Bus Dari Hatyai ke Kuala Lumpur

Kalau yang ini, bus yang saya naiki dari Phuket ke Hatyai. Foto berasal dari sini Kejadian ini memang sudah berlalu lama, tapi belum sempet nulis. Jadi nggak papa lah ya kalo saya tulis sekarang. Ceritannya nih, pengalaman ini saya alami saat jalan-jalan ke Malaysia, Singapura, dan Thailand. Baru pertama kali ke luar negeri, jadi pantas aja kalau keliatan norak , nggak “mudengan” , kagetan , dan gumunan . Termasuk bingung dengan sistem keluar masuk negara menggunakan bus internasional. Kalau kita naik pesawat kan gampang tuh, tinggal menuju bagian migrasi, lalu antri stempel. Udah ada alur yang jelas deh pokoknya. Nah, berhubung kali ini saya naik bus antar negara, saya bingung banget gimana sistem keluar masuk negara orang. Permasalahan pertama, sopir bus nggak ngasih tahu dengan jelas kalau kita akan masuk ke pos imigrasi. Dengan gayanya yang ala-ala mafia Hongkong, doi bilang gini nih  “you go down, I’ll wait you front”. Buseeett …. Doi ngomong pak

Begini Rasanya Bermalam di KLIA 2, Kuala Lumpur Malaysia

Nasi Lemak, ransel, jaket, coca cola, dan saya di food court KLIA2. Foto oleh ECHI  "Bisa ngelepasin sabuk pengamannya nggak? Sini saya bantu", kata mas-mas paruh baya yang duduk di sebelah saya  OMOOO.. OMOOO ...OMOOO... Jinjjaaa yooooooo .... *saya nggak ngerti kata ini artinya apaan* OhMaiGwad! Ya Tuhan.. malu bangettt saya. Kelakuan norak ini muncul lagi. Seketika itu juga muka saya memerah menahan malu. Njir, udah beberapa kali naik pesawat masih kesusahan ngelepas sabuk pengaman?  Padahal sudah sangat berhati-hati buat nggak ngelakuin hal yang malu-maluin, bersikap kalem, dan nggak panik, tapi tetep aja yee ada hal yang bikin malu mulu. Mungkin, ini efek solo backpacking buat pertama kali. Jadi, tabiat norak saya muncul secara otomatis. Gomawooo oppaaa.  Yes, ini adalah penerbangan perdana saya seorang diri. Pesawat AirAsia dengan nomor penerbangan  AK 387 mendarat dengan cantik pukul 11.30 malam waktu Kuala Lumpur. Tapi, tidak dengan saya. Keja